Senin, 15 Agustus 2011

Tampa Judul

Penerimaan siswa baru merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sekolah menjelang awal tahun pelajaran yang secara yuridis formal telah diatur oleh lembaga instansi yang terkait, dan ketentuannya dijadikan suatu pijakan
SMP Negeri 1 Batukliang dalam Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2011/2012 memiliki harapan agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, tertib dan teratur sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Oleh karenanya Program Kerja ini dibuat untuk mewujudkan terlaksananya proses sesuai dengan harapan.

Program Kerja PSB

Penerimaan siswa baru merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sekolah menjelang awal tahun pelajaran yang secara yuridis formal telah diatur oleh lembaga instansi yang terkait, dan ketentuannya dijadikan suatu pijakan dalam pelaksanaannya.
SMP Negeri 1 Batukliang dalam Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2011/2012 memiliki harapan agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, tertib dan teratur sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Oleh karenanya Program Kerja ini dibuat untuk mewujudkan terlaksananya proses sesuai dengan harapan.Penerimaan siswa baru merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sekolah menjelang awal tahun pelajaran yang secara yuridis formal telah diatur oleh lembaga instansi yang terkait, dan ketentuannya dijadikan suatu pijakan dalam pelaksanaannya.

Jumat, 12 Agustus 2011

Langkah Menetapkan KKM Mata Pelajaran

Sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan oleh BSNP maka ada beberapa rambu-rambu yang harus diamati sebelum ditetapkan KKM di sekolah. Adapun rambu-rambu yang dimaksud adalah :
1. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran.
2. KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah.
3. KKM dinyatakan dalam bentuk prosentasi berkisar antara 0-100, atau rentang nilai yang sudah ditetapkan.
4. Kreteria ditetapkan untuk masing-masing indikator idealnya berkisar 75 %
5. Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah kreterian ideal ( sesuai kondisi sekolah)
6. Dalam menentukan KKM haruslah dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas indikator, serta kemampuan sumber daya pendudkung.
7. KKM dapat dicantumkan dalam LHBS sesuai model yang ditetapkan atau dipilih sekolah.
Dari berbagai rambu-rambu yang ada itu, selanjutnya melalui kegiatan Musyawarah Guru Bidang Study (MGMP) maka akan dapat diperoleh berapa KKM dari masing-masing bidang study.
Ada beberapa kreteria penetapan KKM yang dapat dilaksanakan , diantaranya :
1. Kompleksitas indikator ( kesulitan dan kerumitan)
2. Daya dukung ( sarana dan prasarana yang ada, kemampuan guru, lingkungan, dan juga masalah biaya)
3. Intake siswa ( masukan kemampuan siswa )
Kemudian dalam menafsirkan KKM dapat pula dilakukan dengan beberapa cara, dainataranya :
A.Dengan cara memberikan point pada setiap kreteria yang ditetapkan (dalam bentuk %):
1. Kompleksitas: ( tingkat kesulitan / kerumitan )
Kompleksitas tinggi pointnya = 1
Kompleksitas sedang pointnya = 2
Kompleksitas rendah poinya = 3
2. Daya dukung : ( Sarana/ prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya)
Daya dukung tinggi pointnya = 3
Daya dukung sedang pointnya = 2
Daya dukung rendah pointnya = 1
3. Intake Siswa : ( masukan kemampuan siswa)
Intake siswa tinggi pointnya = 3
Intake siswa sedang pointnya = 2
Intake siswa rendah poinnya = 1
Contoh :
Jika indikator memiliki kreteria sebagai berikut:
Kompleksitas rendah =3, daya dukung tinggi =3, intake siswa sedang = 2, maka KKM-nya adalah (3 + 3 + 2) x 100 = 88,89 %
9
B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kreteria, yakni :
1. Kompleksitas: ( tingkat kesulitan / kerumitan )
Kompleksitas tinggi rentang nilainya = 50-64
Kompleksitas sedang rentang nilainya = 65-80
Kompleksitas rendah rentang nilainya = 81-100
2. Daya dukung : ( Sarana/ prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya)
Daya dukung tinggi rentang nilainya = 81-100
Daya dukung sedang rentang nilainya = 65-80
Daya dukung rendah rentang nilainya = 50-64
3.Intake Siswa : ( masukan kemampuan siswa)
Intake siswa tinggi rentang nilainya = 81-100
Intake siswa sedang rentang nilainya = 65-80
Intake siswa rendah rentang nilainya = 50-64
Jika indikatyor memiliki Kreteria sebagai berikut: kompleksitas sedang, daya dukung tinggi, dan intake sedang, maka KKM-nya adalah rata-rata setiap unsur dari kreteria yang telah kita tentukan. ( Dalam menentukan rentang nilai dan menentuikan nilai dari setiap kreteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP).
Contoh:
Kompleksitas sedang =75, daya dukung tinggi= 90, intake sedang = 70 maka KKM-nya adalah ( 75 + 90 +70) = 78,3
3
c. Dengan cara memberikan pertimbangan profesional judgment pada setiap kreteria untuk menetapkan nilai :
1. Kompleksitas: ( tingkat kesulitan / kerumitan )
Kompleksitas tinggi
Kompleksitas sedang
Kompleksitas rendah
2.Daya dukung : ( Sarana/ prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya)
Daaya dukung tinggi
Daya dukung sedang
Daya dukung rendah
3.Intake Siswa : ( masukan kemampuan siswa)
Intake siswa tinggi
Intake siswa sedang
Intake siswa rendah
Contoh :
Jika indikator memiliki kreteria sebagai berikut : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang, maka dapat dikatakan bahwa dari ketiga komponen diatas hanya satu komponen saja yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan masimal 100 yaitu intake (sedang). Jadi dalam hal ini guru dapat menetapkan kreteria ketuntasan antara 90-80. ( Pedoman penetapa KKM dar BSNP, 20006)
Dalam menafsirkan KKM sebelumnya kita harus mengetahui bagaimana tingkatan-tingkatan dari komponen seperti kompleksitas, daya dukung, dan intake. Hal ini dimaksudkan agar guru bidang study melalui MGMP atau pihak sekolah jangan sampai salah dalam menetapkan KKM, karana bila salah dalam menentukan KKM akan sangat merugikan pada siswa.
Karena sesuai dengan peraturan apabila sampai mata pelajaran diperoleh anak berada dibawah KKM ( tidak tuntas ), maka anak tersebut tidak memenuhi syarat untuk naik kelas, bila samapi minimimal tiga mata pelajaran yang tidak tuntas.. Artinya kompetensi dasar yang diharapkan pada siswa tersebut tidak tercapai.
Untuk komponen kompleksitas misalnya, kapan kompleksitas ( kesulitan/ kerumitan) itu dikatakan Tingkat Kompleksitas Tinggi ? yakni bila dalam pelaksanaannya menuntut Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk didalamnya memahami kopetensi yang harus dicapai oleh siswa, kreatif dan inofatif dalam melaksanakan pembelajaran. Kemudian waktu, diantaranya waktunya cukup lama, karena perlu penguilangan. Serta Penalaran dan Kecermatan siswa yang tinggi.
Sedangkan Kemampuan Sumber Daya pendukung, yaitu tenaga pengajar yang memadai(sesuai dengan latar belakang keahliannya), sarana dan prasdarana pendukung dalam bidang pendidikan, biaya manajemen, komite sekolah dan stakeholders sekolah.
Terakhir Intake ( tingkat kemampuan rata-rata siswa), untuk memperoleh gambaran intake ini kita bisa melihat dari berbagai cara, diantaranya dari hasil seleksi penerimaan siswa baru, dari hasil raport kelas terakhir dari tahun sebelumnya, dari tes seleksi masuk atau psikotes, dan juga bisa dari ujian nasional pada jenjang sebelumnya.
Setelah KKM diperoleh, maka selanjutnya KKM itu dimasukkan pada Laporan Hasil Belajar Siswa. Dari KKM inilah kita nantinya akan dapat mengetahui apakah siswa tuntas atau tidak tuntas dalam pencapaian Kompetensi Dasar serta indikator yang diharapkan.
Kalau nilai yang diperoleh siswa berada dibawah KKM maka diartikan bahwa siswa itu belum tuntas, dan begitu juga sebaliknya bila nilai siswa berada diatas KKM maka siswa tersebut dinyatakan tuntas dalam pencapaian kompetensi dasar serta indikator-indikator yang dilaksanakan oleh guru.
Untuk itu, sebelum melaksanakan penilaian maka terlebih dahulu harus ditetapkan KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal ) terlebih dahulu. Selamat merumuskan penetapan KKM di sekolah masing-masing. )* (Penulis adalah Wakil Kepala Sekolah pada SMP Negeri 2 Sirandorung/ Konselor Sekolah dan Pemerhati Masalah Pendidikan di Tapteng (Dikutip dari berbagai sumber)

Kamis, 11 Agustus 2011

Soal Semester TIK Kelas VIII

SOAL ULANGAN SEMESTER


Mata Pelajaran     : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas                         : VIII (Delapan)


I.          PILIHAN GANDA
1.       Program aplikasi microsoft excel merupakan salah satu program aplikasi yang terdapat dalam….
a. Komputer                                                  c. Microsoft Ofiice
b. Microsoft Windows                              d. Microsoft Access

2.       Lembar kerja microsoft excel terdiri dari kolom dan baris, pertemuan antara kolom dan baris disebut….
a. Range                                                           c. Cell Pointer
b. Rows                                                            d. Formula

3.       Tampilan awal dari dokumen microsoft excel yang secara default adalah Book1, disebut....
a. windows                                                    c. workbook
b. worksheet                                                 d. wordsheet

4.       Pada umumnya sebuah dokumen memiliki tampilan tegak, jika akan mengubah dari tampilan tegak ke mendatar, maka pilihannya adalah….
a. page setup                                                  c. portrait
b. orientation                                                d. landscape

5.       Secara default lembar kerja excel memiliki nama diantaranya Sheet1, untuk mengganti nama sebuah lembar kerja tersebut maka menggunakan….
a. Rename                                                       c. Delete
b. Copy                                                             d. Replace

6.       Untuk mengubah dokumen excel terutama menyisipkan jumlah baris atau kolom, maka menubar yang dipilih adalah….
a. Insert                                                           c. Edit
b. Format                                                        d. Data

7.       Jika mengubah dokumen dengan cara mengurangi baris atau kolom, maka menubar yang digunakan adalah....
a. Insert                                                           c. Edit
b. Format                                                        d. Data


8.       Secara default jumlah sheet pada microsoft excel yaitu 3 (tiga), jika menginginkan menambah lembar kerja pada file tersebut, maka pilihannya adalah menubar ….
a. File                                                                c. View
b. Edit                                                               d. Insert

9.       Berikut yang termasuk icon perintah yang terdapat pada toolbar formating adalah....
a. Center                                                          c. Save
b. Print                                                             d. Line

10.   Pada toolbar standard terdapat icon  Σ, icon tersebut sering digunakan untuk mencari sebuah jumlah dengan cepat. Nama dari icon tersebut adalah….
a. Sum                                                              c. Sigma
b. Auto Sum                                                   d. Average

11.   Apabila kita ingin mengedit data-data yang sudah kita simpan, Microsoft excel menyediakan fasilitas yang digunakan untuk memperbaiki data-data tersebut dengan menekan tombol….
a. F10                                                                c. F1
b. F12                                                               d. F2

12.   Secara default lebar kolom pada ms excel semuanya sama yaitu 8,43. Setiap pekerjaan sebagian besar memerlukan lebar kolom yang berbeda, berikut langkah mengatur lebar kolom....
a. Format – column - width                   c. Format – column - hide
b. Edit – column - width                          d. Edit – fill - series

13.   Default dalam microsoft excel ketika menyimpan pekerjaan baru memiliki nama file ….
a. Worksheet                                                 c. Document1
b. Book1                                                          d. Sheet1

14.   Berikut langkah-langkah untuk mengubah bentuk huruf dan ukuran huruf dari menu pulldown adalah ….
a. format – cells - number                       c. format – cells - border
b. format – cells - alignment                  d. format – cells - font

15.   Klik menu format – row – Height, merupakan langkah-langkah untuk mengubah….
a. Lebar kolom                                             c. Tinggi kolom
b. Lebar baris                                                d. Tinggi baris

16.   Kesalahan perintah dalam memasukkan data sering terjadi, untuk memperbaiki kesalahan dengan cara mundur satu langkah ke perintah sebelumnya dengan cara mengklik icon....
a. Paste                                                            c. Open
b. Redo                                                             d. Undo

17.   Dibawah ini adalah langkah-langkah yang paling benar untuk membuat sebuah grafik pada Microsoft excel, yaitu….
a. Range data – Insert – picture - chart
b. Buat data/table – range data – Insert – picture - chart    
        c. Buat data/table – range data – Insert – chart
d. Insert - chart

18.   Ada beberapa symbol operator aritmatika, dibawah ini yang bukan merupakan symbol aritmatika adalah….
a. + (penjumlahan)                                     c. : (pembagian)
b. & (penggabungan)                                 d. * (perkalian)

19.   Perhatikan data berikut ini : C3, C4, C5, C6, C7, C8. Untuk mencari jumlah dari data tersebut, maka penulisan fungsi yang benar adalah….
a. =C3-C8                                                         c. =SUM(C3-C8)
b. =C3:C8                                                         d. =SUM(C3:C8)

20.   Pada waktu kita akn mencetak data pada lembar kerja, menu yang di gunakan untuk mengatur ukuran kertas adalah ….
    1. Paper source                                     c.    paper size
    2. Paper layout                                     d.    paper print

Tabel untuk soal nomor 21 – 25


A
B
C
D
E
F
1
DAFTAR NILAI SISWA KELAS VIII
2
SMP NEGERI 1 BATUKLIANG
3






4



5
NIS
NAMA
MTK
IPA
B.INGG
TIK
6
0401
AZHAR
5,25
6,52
7,75
7,45
7
0402
HADI
5,55
6,25
6,82
7,54
8
0403
HASBI
7,56
7,48
8,25
8,75
9
0404
JUNAIDI
8,56
8,54
7,85
9,25
10
0405
SOFYAN
7,25
6,52
7,75
8,45


21.   Penulisan fungsi yang benar untuk mencari jumlah nilai setiap siswa pada kolom G cell G5 adalah….
        a. =SUM(F6:C6)                                           c. =SUM(C5:F5)
        b. =C6+D6+E6+F6+G6                              d. =C5+D5+E5+F5
22.   Untuk mencari nilai tertinggi mata pelajaran TIK dan hasilnya ditempatkan pada sel F11 maka penulisan rumus fungsinya adalah….                                   
a. =MIN(F6:F11)                                         c. =MAX(C6:C10)
b. =MIN(D6:D10)                                        d. =MAX(F6:F10)

23.   Untuk mencari nilai terendah mata pelajaran TIK, maka penulisan fungsinya adalah….      
a. =MIN(C6:C10)                                         c. =MAX(C6:C10)
b. =MIN(F6:F10)                                         d. =MAX(F6:F10)

24.   Penulisan fungsi yang benar untuk mencari rata-rata siswa atas nama Junaidi adalah....
a. =AVERAGE(C6:F6)                                c. =AVERAGE(C5:F5)
b. =AVERAGE(C9:F9)                                d. =AVERAGE(C9:F10)

25.   Jika pada kolom cell I5 akan kita buatkan keterangan, penulisan fungsi yang benar untuk mencari keterangan LULUS atau GAGAL dengan ketentuan siswa dinyatakan lulus jika rata-rata minimal 7,00 . maka penulisan fungsinya yaitu....
a. =IF(H6>=7;”LULUS”;”GAGAL”)       c. =IF(H6=7;”LULUS”;”GAGAL”)
b. =IF(H6>=7;LULUS,GAGAL)               d. =IF(H6>7;”LULUS”;”GAGAL”)




I.      ESSAY

1.       Jelaskan langkah-langkah untuk:
        a. Mengaktifkan Ms. Excel melalui menu start dan shortcut !
        b. Menutup dan keluar dari Microsoft Excel !
2.       Sebutkan nama-nama bagian dari deret menu bar  yang terdapat dalam Ms. Excel !
3.       Jelaskan kegunaan dari fungsi-fungsi dibawah ini :
        a. SUM                                                                 
        b. AVERAGE                                                     
        c. MAX                                                                 
        d. IF      
4.       jelaskan perbedaan antara maximize dengan minimize yang terdapat dalam deretan tombol ukuran !                                                                                               
5.       Jelaskan langkah-langkah untuk menyimpan dan mencetak dokument dalam Ms. Excel !

Soal Smester Genap PKn VII



Soal semester genap PPKn kelas VII A – F

1.
Memaksakan agama kepada orang lain merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia dan bertentangan dengan pancasila terutama sila ke …

a.       Satu
b.      Dua
c.       Tiga
d.      Lima

2.
Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 mengatur tentang ….

a.       Kewajiban asasi
b.      Pengadilan HAM
c.       Hak dan kewajiban warga negara
d.      Hak asasi manusia

3.
Hak asasi manusia sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa kepada setiap manusia di miliki dan dibawa sejak …

a.       Indonesia merdeka
b.      Lahir
c.       Dewasa
d.      Adanya pengakuan HAM

4.
Dibawah ini adalah hak asasi manusia yang harus dilindungi dan dan dihormati, kecuali

a.       Hak memeluk agama
b.      Hak hidup merdeka
c.       Hak untuk menghormati orang lain
d.      Hak mempertahankan hidup

5.
Hak asasi manusia tidak dapat dituntut pelaksanaannya secara mutlak. Menuntut pelaksanaan hak asasi secara mutlak berarti …

a.       Pemaksaan kehendak
b.      Melanggar hak asasi orang lain
c.       Tidak diperbolehkan
d.      Tidak tahu diri

6.
Kebebasan setiap orang dibatasi oleh hak asasi orang lain. Hal ini berarti bahwa setiap orang …

a.       Memiliki kewajiban
b.      Menghormati kewajiban orang lain
c.       Menghormati hak asasi orang lain
d.      Menjalani kewajiban

7.
Pernyataan hak asasi manusia sedunia tercantum dalamdokumen …

a.       Magna Charta
b.      Universal Declaration of Human Rights
c.       PBB
d.      Convenant of Human Rights

8.
Hak asasi manusia selalu diperjuangkan dalam peradaban manusia karena …

a.       Manusia adalah makhluk sosial yang hidup di tengah masyarakat
b.      Setiap manusia memiliki harkat dan martabat yang harus di hormati dan junjung tinggi
c.       Hak asasi manusia bersifat universal
d.      Menjadi kewajiban manusia untuk memperjuangkannya

9.
Hak memilih dan di pilih dalam pemilihan umum adalah termasuk …

a.       Hak asasi politik
b.      Hak asasi ekonomi
c.       Hak asasi pribadi
d.      Hak asasi social budaya

10.
Berikut ini adalah tugas dan fungsi KomNas HAM, kecuali …

a.       Meningkatkan kemampuan berpartisipasi dalam penegakan HAM
b.      Pemeriksaan peristiwa yang timbul dalam masyarakat yang diduga pelanggaran HAM
c.       Pengamatan pelaksanaan HAM
d.      Penyelidikan terhadap peristiwa yang diduga pelanggaran HAM

11.
Untuk melindungi kaum perempuan dari segala bentuk tindakan kekerasan , maka dibentuklah suatu lembaga yaitu 

a.       Lembaga Perempuan
b.      Komnas HAM
c.       Komnas anti kekerasan terhadap perempuan
d.      Kontras

12.
Apabila ada dugaan terjadi pelanggaran HAM, Komnas HAM dapat melakukan peninjaun tempat kejadian dan tempat lainnya yang dianggap perlu, hal ini adalah fungsi …

a.       Penyuluhan
b.      Pemantauan
c.       Pengkajian
d.      Penelitian




13.
Komnas HAM bersifat independen, hal ini memiliki arti …

a.       Bebas dalam mengusut pelanggaran HAM
b.      Merdeka dan dapat berbuat apa-apa
c.       Bebas dalam menindak pelaku pelanggaran HAM
d.      Pemerintah tidak mencampuri pelaksanaan tugas-tugasnya

14.
Contoh bentuk penghormatan terhadap hak asasi orang lain adalah …

a.       Membantu fakir miskin
b.      Tidak mengganggu orang yang sedang beribadah
c.       Memberikan sumbangan orang yang kena bencana alam
d.      Membiayai anak yang putus sekolah

15.
Wujud menghormati dan menghargai orang lain dalam lingkungan keluarga antara lain …

a.       Melaksanakan tugas membersihkan rumah
b.      melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
c.       menciptakan suasana lingkungan yang tenang
d.      tidak keluar rumah terlalu sering

16.
Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah sesuai dengan pasal UU No 39 tahun 1999 adalah …

a.       Menghormati, melindungi, dan menegakkan hak asasi manusia
b.      Melaksanakan hak asasi manusia dengan sebaik-baiknya
c.       Menjamin terlaksananya hal dan kewajiban warga Negara
d.      Mengdili pelanggan hak asasi manusia

17.
Kebebasan mengemukakan pendapat adalah  merupakan hak asasi yang dijamin dan dilindungi oleh Undang-Undang 1945 yakni dalam …

a.       Pasal 30
b.      Pasal 31
c.       Pasal 28
d.      Pasal 29

18.
Melakukan diskusi didalam kelas dalam proses belajar mengajar adalah merupakan contoh …

a.       Secara lisan
b.      Secara tulisan
c.       Secara lisan dan tulisan
d.      Didepan mimbar

19.
Kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum diatur dalam undang-undang, hal ini bertujuan untuk …

a.       Membatasi warga negara untuk berpendapat
b.      Membri kebebasan keda masyarakat untuk memberikan kritik terhadap pemerintah
c.       Menghargai setiap warga negara memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat
d.      Memberikan jaminan hukum terhadap kebebesan mengeluarkan pendapat   

20.
Dalam menyampaikan pendapat dimuka umum, tidak boleh menghina dan mencaci maki orang lain karena …

a.       Memperkeruh suasana
b.      Melanggar hak asasi
c.       Mempermalukan orang lain
d.      Permasalahan tidak akan selesai

21.
Demonstrasi yang dilakukan secara bertanggung jawab adalah …

a.       Yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan
b.      Memiliki tujuan yang jelas
c.       Memiliki pemimpin rombongan
d.      Yang diikuti oleh ribuan demonstran

22.
Berikut adalah tempat yang dilarang untuk melakukan penyampaian pendapat dimuka umum, kecuali …

a.       Tempat ibadah
b.      Rumah sakit
c.       Kantor DPRD
d.      Stasiun kereta api

23.
Hak setiap warga negara dalam mengeluarkan pendapat dimuka umum adalah …

a.       Memperoleh pengawalan aparat
b.      Memperoleh perlindungan hukum
c.       Mengeluarkan perndapat secara bertanggung jawab
d.      Mengeluarkan pendapat secara terbatas




24.
Salah satu kewajiban warga negara dalam menyampaikan pendapat dimuka umum adalah …

a.       Mengeluarkan pendapat secara bebas
b.      Hadir tepat waktu
c.       Memperoleh perlindungan hokum
d.      Menghormati hak dan kebebasan orang lain

25.
Bentuk-bentuk penyampai pendapat dimuka umum adalah sebagai berikut kecuali …

a.       Demontrasi
b.      Pawai
c.       Rapat umum
d.      Orasi

26.
Karena pendapat yang disampaikan oleh setiap orang belumtentu sama, maka setiap orang harus memiliki sifat …

a.       Menerima pendapat orang lain
b.      Menghormati pendapat orang lain
c.       Memaksakan pendapat
d.      Menggabungkan pendapat bersama

27.
Diantara hak warga negara dalam menyampaikan pendapat dimuka umum adalah …

a.       Menggalang massa sebanyak-banyaknya
b.      Melaporkan kepada polisi
c.       Menjaga ketertiban umum
d.      Mengeluarkan fikiran secara bebas

28.
Maksud dari kemerdekaan berserikat dan berkumpul dalam pasal 28 UUD 1945 adalah …

a.       Kebebasan yahng sebebas-bebasnya
b.      Kebebasan berorganisasi sesuai dengan undang-undang
c.       Adanya kebebasan yang melindungi tutur kata
d.      Adanya kebebasan dan perlindungan hukum

29.
Hak untuk menyampaikan pendapat adalah merupakan …

a.       Hak sipil dan politik
b.      Hak sosial, ekonomi dan budaya
c.       Hak pembangunan
d.      Hak perempuan

30.
Contoh pelanggaran terhadap kebebasan berpendapat adalah …

a.       Menerima pendapat setiap orang
b.      Berusaha pendapatnya supaya diterima
c.       Pengekangan seseorang dalamberpendapat
d.      Menghargai pendapat orang lain